NPM : 16210122
Kelas : 4EA16
Ilmu manajemen adalah ilmu yang
turut berkembang pesat sehingga Ilmu tersebut memiliki beragam cabang dan
beberapa kajian yang bersifat khusus misalnya ialah manajemen keuangan,
manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen transportasi, dan
muncul kajian khusus yang lain yaitu Manajemen Strategik.
Pengertian
Manajemen Strategik
·
Pengertian
umum strategi yaitu suatu proses yang menentukan adanya perencanaan terhadap
para top manajer yang sungguh berarah pada tujuan jangka panjang perusahaan
yang disertai dengan penyusunan akan upaya bagaimana agar mencapai tujuan yang
diharapkan.
·
Pengertian
khusus strategi yaitu merupakan suatu tindakan yang bersifat terus-menerus
mengalami peningkatan dan dilakukan sesuai dengan sudut pandang tentang apa
yang diinginkan serta diharapkan oleh para konsumen untuk waktu di masa depan.
Dengan strategi ini maka ada yang hampir dimulai dari apa yang selalu untuk
bisa terjadi dan bukan yang dimulai dari apa yang terjadi. Dengan terjadinya
ada suatu kecepatan berinovasi pada pasar yang baru dan juga
perubahan-perubahan pola konsumen yang sangat memerlukan kemampuan inti maka
hendaknya perusahaan perlu untuk mencari dan mengambil kemampuan inti atau juga
kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.
Pengertian Manajemen Strategik
Manajemen Strategik adalah suatu
rangkaian aktivitas terhadap pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan
komprehensif, dan disertai dengan penetapan cara aplikasinya yang dibuat oleh
pimpinan dan juga dilaksanakan oleh seluruh pihak-pihak yang terlibat di dalam
suatu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Manajemen strategik ini
juga suatu sistem yang digunakan sebagai satu kesatuan dalam memiliki beragam
komponen saling berkaitan dan mempengaruhi antara satu dan lainnya serta
bergerak secara serentak menuju arah yang sama pula.
Bagian ilmu Manajemen Strategik ini
senantiasa akan menyikapi pada dinamika-dinamika yang terjadi baik itu dari
lingkungan internal maupun eksternalnya yang kemudian akan berlanjut dengan
bagaimana cara berupaya untuk menyesuaikan hingga pada akhirnya pada tujuan
yang telah ditetapkan itu dapat segera terlaksana atau direalisasikan dengan
baik.
Manajemen Strategik berdasarkan pada
seluruh ruang lingkup pekerjaannya. Dengan demikian dapat dimanfaatkan secara
baik untuk lingkungan makronya misalnya di dalam manajemen pemerintahan dan
juga dapat dimanfaatkan pula untuk di lingkungan mikronya misalnya di dalam
manajemen perusahaan atau organisasi. Akan tetapi disini hanya perlu dipahami
bahwa di dalam penggunaan ruang lingkup makro dan mikro ada sejumlah perbedaan
yang begitu mendasar meliputi sebagai berikut :
·
Kebijakan
makro yang harus digunakan dan diperhatikan yaitu subyek dan objek dalam suatu
manajemen tersebut adalah yang berupa para masyarakat yang bersifat aggregate,
sedangkan untuk ruang lingkup mikro maka perhatiannya pun terhadap subyek dan
obyek di suatu manajemen berupa individual rumah tangga perusahaan atau para
pelanggan yang memakai hasil produksi.
·
Disamping
itu mengenai prinsip kerja untuk manajemen strategik makro kemungkinannya
perhatian mengarah pada efektivitas, sedangkan pada manajemen strategik yang
rangkumannya secara mikro maka harus sesuai kepada prinsip kerja efisiensinya.
Karakteristik
Manajemen Strategik
Pada umumnya manajemen ini sungguh
berbeda dengan lainnya dimana manajemen strategi ini senantiasa menyikapi
dinamika terjadinya suatu perubahan lingkungan sehingga bisa mempengaruhi
terhadap implementasi manajemen itu sendiri serta berupaya untuk merealisasikan
tujuan yang telah ditetapkan dengan sejalan pada hal tersebut maka berikut ini
akan ditunjukkan karakteristik manajemen strategik :
1. Manajemen strategik bersifat jangka
panjang,
2. Manajemen strategik bersifat
dinamik,
3. Manajemen strategik merupakan
sesuatu yang berpadu oleh manajemen operasional,
4. Manajemen strategik perlu dimotori
oleh unsur-unsur pada manajer tingkat puncak,
5. Manajemen strategik berorientasi dan
mendekati untuk masa depan.
6. Manajemen strategik senantiasa harus
didorong dan didukung dalam pelaksanaannya oleh semua sumber daya ekonomi yang
tersedia.
Era globalisasi ekonomi ini untuk
menghadapinya maka dimana kegiatan dalam berusaha bukan saja dibatasi oleh
lingkup batas negara nasional sehingga untuk tingkat perubahan lingkungan serta
dinamika yang secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi manajemen
dan kehidupan pekerjaan kemudian dengan sendirinya para pemimpin perusahaan
harus dapat menyikapinya melalui dengan melakukan penyesuaian yang penuh kebijakan.
Maka seharusnya setiap pemimpin dalam perusahaan akan melaksanakan manajemen
strategik bagi perusahaannya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar